Pada umumnya setiap kali mendengar kata olahraga, orang-orang akan membayangkan suatu kegiatan fisik yang berkeringat dan menguras banyak tenaga seperti sepak bola, bulutangkis, basket, berenang, panah, dan lain sebagainya. Namun, seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi yang jugaberiringan dengan perubahan pola pikir manusia bandar togel sgp saat ini, olahraga yang dulu merupakan kegiatan fisik kini bisa dilakukan hanya bermodalkan smartphone yang biasa kita gunakan sehari-hari. Memang sih tak berkeringat, tetapi cukup memacu jantung setiap kali tegang bermain game.

e-Sport di Indonesia

Istilah dari olahraga tersebut merupakan e-Sport yang sudah mulai memasuki Indonesia. Bahkan e-Sport sempat masuk ke dalam tahap eksebisi yang berada di Asian Games 2018. Bisa jadi kedepannya akan terus menjadi salah satu cabang olahraga di pesta olahraga kenamaan dunia lainnya. Karena melihat e-Sport digemari oleh masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo pun sampai mencari tau hal tersebut dari Jess No Limit, salah satu gamers dan youtuber gaming yang sedang naik daun di Indonesia.

Jess No Limit atau yang biasa dipanggil Justin ini merupakan tokoh yang sudah tak asing bagi pecinta eSport khususnya game moba seperti Mobile Legends. Beliau merupakan salah satu pemain tersukses yang memiliki banyak pengikut di YouTube dan Instagram. Dari sejak debut awal tahun ini, subscriber dan followers di channel dan akunnya kian meningkat.

“Saya pernah ngomong-ngomong sama Jess No Limit, saya tanya dia masih muda sekali, umur 20-an tahun. Saya tanya, ‘Jess income-nya per bulan bisa ratusan juta, pekerjaanmu apa?’ (dijawab), ‘Main mobile legend’. Coba income dari ‘endorse’ produk, ‘endorse’ barang dapat ‘income’,” ujar Jokowi terlihat takjub.

Seperti yang kita ketahui, endorse produk merupakan salah satu penghasilan yang dapat menguntungkan. Semakin banyak followers di sosia media bisa menjadi alasan beberapa online shop untuk memakai si selebgram untuk diiklankan produknya. Seperti Justin yang kian mendapatkan banyak endorse.

Semula, Jokowi tak tau menau mengenai game Mobile Legends. Akhirnya ia pun bertanya kepada salah satu anaknya yang bernama Kaesang,”Saya selalu ingin mengikuti perkembangan, awalnya saya tidak tahu e-sport apa, ‘mobile legend’ apa, lama-lama tahu, saya tanya Kaesang, minta diajari,” tutur orang No.1 di Indonesia ini sambil tertawa.

Jess No Limit

Sebagaimana telah diketahui, sejak awal tahun 2018 ini Jess No Limit atau yang memiliki nama asli Tobias Justin debut menjadi YouTuber gaming berkonten Mobile Legend. Semula karena fitur Live Streaming di Mobile Legend milik Justin sendiri sudah ramai sekali yang menonton karena Justin pernah menjadi Top Global dengan ribuan bintang.

Berkat debutnya itulah Justin menjadi gamer Indonesia pertama yang membeli Ferrari. Selain pendapatan dari YouTube, Justin juga mampu menghasilkan Rp 1-6juta perbulan dari setiap turnamen bersama tim gamernya, Evos. Bahkan ia mendapatkan gaji dari pihak Mobile Legend sebesar Rp 4jutaan per bulan.

Berdasarkan unggahan Raffi Ahmad di YouTube nya bersama Justin, ia bercerita pendapatan pertamanya dari bermain game adalah sebesar 200 ribu. Hasil itu ia dapatkan karena menjual ID gamenya. Tak hanya pendapatan yang fantastis, Justin bahkan dikatakan telah mengalahkan Reza Oktovian dan Miawug. Justin mengaku awalnya ia sering diomeli karena main game setiap hari. Pemuda kelahiran 1996 ini rupanya juga jago bermain piano.Semoga kedepannya, e-Sport Indonesia bisa lebih maju ya!